Project :
Select a particular market sector and assess the past, current, and future customer use of the internet as a medium to select and buy products

Analysis :
Gramedia Bookstore
Gramedia Online


The Past


Toko Buku Gramedia didirikan 02 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri KKG, dengan misi turut serta menyebarkan produk pendidikan dan informasi, demi tercapainya cita-cita bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masyarakat baru Indonesia yang berkehidupan Pancasila.


Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2,yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat,Toko Buku Gramedia sampai tahun 2002 telah tumbuh dan berkembang menjadi 50 toko, yang tersebar dibeberapa kota utama di Indonesia.
Seperti layaknya toko buku fisik, setiap customer yang hendak membeli buku harus datang ke toko buku terdekat, membaca resensi pada bukunya langsung baru kemudian memutuskan akan membeli atau tidak.

Mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi, Toko Buku Gramedia membentuk Gramedia Online.


Gedung Toko Buku Gramedia

The Present


Gramedia Online muncul karena animo masyarakat yang besar terhadap peningkatan trend belanja on-line yang simpel dan praktis. Melihat peluang ini, kompetitor-kompetitor baru pun muncul dengan menawarkan harga yang jauh lebih murah. Fitur yang ada pada Gramedia Online cukup lengkap, mulai dari image cover buku, identitas buku, resensi, harga, stok, dan adanya fitur tambahan yaitu penilaian terhadap isi buku (rating)



penambahan fitur rating pada identitas buku

Namun demikian, Gramedia Online memiliki beberapa kelemahan seperti tampilan website yang kurang menarik, contohnya bila dibandingkan dengan tampilan bukukita.com atau kutukutubuku.com yang lebih bagus. Selain itu, harga yang ditawarkan pun sama dengan harga buku di toko buku fisik, plus masih ada tambahan biaya kirim. Mungkin hal ini disebabkan untuk menjaga agar Gramedia Online tidak menjadi kompetitor yang makan buah simalakama bagi Toko Buku Gramedia.



Tampilan Gramedia Online


Tampilan kutukutubuku.com


Tampilan bukukita.com

The Future

Untuk ke depannya, Gramedia Online bisa menambahkan berbagai strategi e-CRM yang dapat memberikan nilai plus dibanding kompetitor lain meskipun harga yang ditawarkan tetap mahal. Misalnya dengan menambahkan forum para kutu buku, customer service, book rental online, dan lain-lain. Gramedia Online juga bisa memberikan layanan e-book yang dapat diakses oleh member.



Erika

0840000874
Binus Business School

0 comments:

Post a Comment