Tentang Thesis

Hola amigos,

Kali ini saya sengaja menyibukkan diri dengan catatan mengenai progres thesis. Kalo dipikir2, meskipun saya catat di agenda setelah mengikuti seminar, ternyata efeknya kurang terasa... mungkin otak saya sudah sedikit tergelincir untuk mencerna data fisik dan lebih suka mencerna data digital. Oleh karena sebab yang demikian pula (*halah lebay...), saya akan menulis (baca: mengetik) ulang sedikit tentang studi kasus, in case untuk mengadakan pengulangan karena otak yang mulai menumpul.

Ada 3 jenis thesis di Binus Business School :
note : penjelasan di bawah termasuk penjelasan awam disesuaikan dengan yang mampu diserap otak saya, untuk penjelasan dengan bahasa akademis silakan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing masing-masing.

1. Research : penelitian yang lebih menjurus ke metode kuantitatif, dibanjiri model-model statistik dan data-data berupa angka, bagan, grafik yang bisa membuat mata pedas. Data kualitatif diikutsertakan sebagai penunjang. Penelitian jenis ini mengkaji hubungan sebab akibat antar berbagai variabel, dapat diaplikasikan pada situasi/kondisi yang lebih umum dibandingkan case study/GFP.

2. Case Study : penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kualitatif, aplikasinya lebih spesifik pada suatu perusahaan, tidak selalu ada hipotesis namun dibutuhkan analisis kualitatif atau kuantitatif dalam mencapai kesimpulan. (Keterangan lebih lanjut baca artikel selanjutnya "Tentang Case Study")

3. Group Field Project :
penelitian secara spesifik dalam suatu perusahaan, peneliti terjun langsung dan berkecimpung dalam kegiatan operasional perusahaan dalam rangka pemberian jasa konsultasi.


0 comments:

Post a Comment