Projek :

For an organization you are familiar with, examine the alternative business and revenue models afforded by the internet and assess the option for the type and location of e-commerce trantition.

Analisis :

Saya mengambil contoh sebuah perusahaan distributor dan publisher game online yang pernah mendistribusikan "Ragnarok" yang sempat booming di Indonesia beberapa tahun lalu, sebelum tergeser oleh DotA (Defense of the Ancient).

PT Lyto Datarindo Fortuna

Cyber Building 1st floor
Jl. Kuningan Barat No. 8
Jakarta 12710 - Indonesia
Telephone: +62-21-526-9308
Fax Number: +62-21-526-9310

Contoh produk :
Ragnarok
Idol-street
Perfect World
RF
Seal
Getamped-R
Rohan
Crazy Kart


Pada website perusahaan, terdapat profile perusahaan dan link menuju website masing-masing game. Di dalam website game tersebut, terdapat konten seperti :
  • Home (berita, event, merchandise, update, dsb)
  • Guide (segala informasi dan petunjuk yang berkaitan dengan game)
  • Member dan komunitas
  • Download
  • Pembayaran (untuk pembelian voucher prabayar)
  • FAQ dan contact

Marketplace Position:
Saat ini :
media owner / publisher (intermediary)
reseller/ retailer (penjualan merchandise)

saran /rekomendasi alternatif lain :
tidak ada

Revenue Model :
Saat ini :
Subscription access to content (play online game)
direct product sales of product (voucher prabayar untuk bermain game dan membeli virtual item, penjualan merchandise)

saran /rekomendasi alternatif lain :
Revenue model yang sudah ada tetap digunakan dengan penambahan adanya advertising dari sponsor (misalnya penyedia layanan internet)


Commercial Model :
saat ini :
Fixed-price sale

saran /rekomendasi alternatif lain :
Fixed-price sale, ditambah dengan
  • Auction - sesama gamer dapat melakukan online trading berupa item2 virtual maupun merchandise dari produk-produk Lyto seperti e-bay
  • Product/service bundling dengan internet service provider di Indonesia


Tipe Bisnis:
saat ini :
B2C
B2B

saran :
B2C
B2B
C2C


Location of trading:
Saat ini :
Seller-oriented

Intermediaries controlled by third parties to the seller such as distributors and agents

Saran :
tidak ada




Erika
0840000874
Binus Business School

0 comments:

Post a Comment