Proyek
Create a summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a web site and the management issues involved

Analisis :

Secara umum, retailer adalah pembeli barang dalam jumlah besar (large quantities) yang kemudian menjual kembali barangnya dalam jumlah yang lebih kecil (smaller quantities).

Website adalah suatu kumpulan web page yang berisi dokumen dalam bentuk artikel, gambar,video, dan aset digital lainnya yang ditempatkan dalam satu web server dan biasanya dapat diakses melalui internet.

Lalu langkah apa yang diperlukan oleh small retailer dalam membangun suatu website untuk perusahaannya ? Berikut ringkasannya :

1. Menentukan konsep dan konten

Di sini kita menentukan akan seperti apakah website kita secara keseluruhan, baik penampilan maupun isinya, apakah cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan ? Hal-hal yang dapat dipertimbangkan antara lain :
  • Penampilan (desain & layout).
penampilan dibuat sesuai dengan target market, siapakah yang nantinya mengunjungi website
  • Produk
website yang baik berisi informasi yang jelas mengenai produk yang ditawarkan
  • Software
penggunaan software yang tepat sangatlah bermanfaat dalam pembuatan website, misalnya penggunaan FTP (File Transfer Protocol), Dreamweaver, Flash, Joomla!, dsb
  • Database
Data apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam database yang nantinya akan berguna bagi perusahaan
  • Penambahan aplikasi lain
menambahkan aplikasi lain yang sesuai dengan konsep website seperti : paypal untuk melakukan pembayaran, auto responder untuk melakukan otomatisasi respon seperti direct mail maupun newsletter, atau program afiliasi apabila diperlukan


2. Memilih web hosting dan domain

Setelah segala macam pernak-pernik tentang website ditentukan, selanjutnya adalah memilih domain. Pilih domain yang sesuai dengan konsep website dan mencerminkan perusahaan. Bila sudah mendaftarkan domain dan web hosting, website yang telah diupload siap untuk go online.

3. Testing

Setelah website go online, kita perlu mengadakan test apakah website tersebut berjalan dengan baik. Pada tahap ini, diperlukan keahlian teknis dalam mengelola website, termasuk pengecekan error maupun bug, security, kompatibilitas browser, aksesibilitas server, dsb.

4. Promosi

Bila website berjalan dengan baik, maka selanjutnya perlu dilakukan promosi. Tujuannya jelas agar target market mengetahui keberadaan website kita. Ada 1001 cara untuk mempromosikan web, mulai dari yang tanpa biaya sampai yang memakan banyak biaya. Beberapa cara antara lain dengan meningkatkan traffic sehingga website kita muncul pada halaman awal search engine, memasang banner pada website lain, menjalankan advertising pay per click, mengadopsi program afiliasi, dan lain-lain.

5. Maintenance dan evaluasi

Dengan adanya history data, kita dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh customer. Kita perlu melakukan evaluasi terhadap customer needs and wants serta melakukan maintenance seperti mengupdate konten dan melakukan CRM. Bila kedua hal tersebut dilakukan secara berkala, akan memungkinkan suatu website berkembang menjadi lebih baik dan meningkatkan profit perusahaan.


Setelah kita mengetahui beberapa tips dan trik membangun suatu website, tentu dalam prakteknya kita akan menjumpai banyak permasalahan baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Di sini saya akan membahas sedikit tentang permasalahan yang sering terjadi terkait dengan management issue, antara lain :

1. Masalah yang berhubungan dengan hukum
  • Pastikan konten dan segala kebijakan (policy) yang terdapat dalam website tidak melanggar hukum, seperti pencurian hak cipta, pembajakan, pornografi, dan hal-hal yang bersifat melanggar hukum. Orisinalitas konten seperti foto, artikel, video dsb harus diperhatikan.
  • Bila source mengijinkan file nya digunakan untuk kepentingan komersial, sebisa mungkin sertakan link serta sumber yang jelas. Tentu kita juga tidak ingin bila website kita disalahgunakan dalam dunia maya bukan ? Hormatilah orang lain maka Anda akan dihormati.

2. Masalah yang berhubungan dengan technical development
  • Pastikan kita mengadopsi teknologi dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan tipe bisnis, misalnya penerapan SCM dan CRM dengan pemanfaatan database.
  • Security pada data yang terdapat dalam website, misalnya dengan melakukan back up dan proteksi database
3. Masalah yang berhubungan dengan operasional
  • Budgeting, membuat anggaran khusus untuk melakukan maintenance website serta promosinya. Jangan sampai website tidak up-to-date atau terbengkalai karena masalah over cost.
  • e-commerce system, misalnya menerapkan sistem yang aman untuk pembayaran sampai delivery (shipping) sehingga customer satisfaction dapat tercapai.
  • Adanya training kepada administrator website maupun customer service untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer dan menghindari seringnya terjadi human error.



Erika
0840000874
Binus Business School


Referensi :
Formula Bisnis
website issue





0 comments:

Post a Comment