Proyek :
For a company with which you are familiar with, review the six strategy definition choices

Analisis :



Weddingku.com adalah sebuah portal yang mengkhususkan diri sebagai penyedia wedding service. Website ini menyajikan link-link kepada customer dari berbagai vendor partner bisnis yang menyediakan wedding service di berbagai kota, mulai dari pemilihan salon, gaun, dokumentasi, catering, gedung, honeymoon, dan sebagainya. Website ini juga menjadi wadah bagi para calon pengantin dan pengantin baru untuk bertukar pikiran dan informasi dalam suatu forum diskusi.

Berikut adalah 6 strategies decision dari weddingku.com

1.Strategy Channel Priorities : Bricks and clicks
Weddingku.com adalah sebuah portal penyedia layanan jasa persiapan pernikahan yang menjembatani antara kebutuhan vendor / partner bisnis dengan customer. Tidak ada transaksi jual beli dalam weddingku.com, website ini murni menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan vendor dan informasi seputar wedding service.
Sedangkan Customer Service dapat dihubungi melalui telepon dan email untuk menanyakan promosi yang disediakan weddingku.com bekerja sama dengan vendor yang berkaitan.
weddingku.com termasuk dalam tipe bisnis B2B sebagai intermediari.

2. Organizational Restructuring and Capabilities : Stategic Partnership
Dalam situsnya, diinformasikan bahwa Weddingku.com bekerja sama dengan :

Dyandra Promosindo
Weddingku.com berkolaborasi dengan Dyandra Promosindo untuk mengadakan festival-festival wedding berskala internasional di tanah air.

Subur Jaringan Cetak Terpadu
Weddingku.com dan Subur bekerjasama untuk menghasilkan produk-produk publishing yang berkualitas untuk para calon pengantin.

Selain 2 partner di atas, weddingku.com juga masih membuka kesempatan luas bagi individu atau perusahaan yang berkualitas untuk menjadi partner bisnis mereka.

3. Business, Service, and Revenue Models
Weddingku.com menjual space iklan dalam website mereka dari vendor-vendor yang bekerja sama maupun tidak yang ingin mempromosikan produk wedding service mereka.

Selain itu, weddingku.com juga menyediakan newsletter bagi para user terdaftar yang berlangganan sehingga mereka mendapatkan informasi terbaru mengenai promosi yang ditawarkan.

Bekerja sama dengan 2 vendor utama, weddingku.com juga mengadakan event seperti Jakarta Wedding Festival dan Wedding Celebration Festival, serta menerbitkan buku tahunan "Weddingku Diary" yang merupakan buku panduan dan inspirasi untuk setiap calon pengantin. Weddingku Diary berisi Wedding Planner, Address Book, Gallery, Quick Bites, Wedding Tips dan Journal. Selain itu Weddingku.com juga menerbitkan Weddingku Catalogue yang berisi daftar alamat lengkap para vendor Wedding di Jakarta dan Surabaya beserta dengan kisaran harga paket weddingnya.

4. Market Place Restructuring
Menurut Hermawan Kartajaya, weddingku.com memperoleh market share sebesar 90% tak lama setelah website ini dilaunching, selain itu situs ini juga dikunjungi lebih dari 10 ribu orang per harinya dalam 3 tahun sejak berdiri. Dengan pangsa pasar yang besar, weddingku.com dapat memikirkan strategi ekspansi ke depannya seperti joint venture dengan beberapa perusahaan retail di bidang wedding service.

5. Market & Product Development Strategy : Market Development Strategies
Setiap calon pengantin pasti membutuhkan suatu solusi yang tepat untuk membantu mereka mempersiapkan pernikahan idamannya. Karena jangkauan internet yang tidak terbatas dan kapasitasnya untuk menyampaikan informasi secara cepat, dunia Internet adalah media yang paling ideal untuk menyampaikan informasi secara tepat dan terfokus.

Survey yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa mayoritas terbanyak (51%) pengguna internet berumur antara 26 sampai 35 tahun. Hal ini sangat sesuai dengan usia calon-calon pengantin di Indonesia.

Seiring dengan penggunaan internet yang kian meningkat di Indonesia, para calon pengantin ini beralih kepada media internet sebagai tempat untuk mencari segala hal yang berhubungan dengan persiapan pernikahan mereka.

Weddingku.com dapat membaca peluang akan adanya customer needs, mereka menyadari kurang tersedianya informasi yang lengkap untuk para calon pengantin. Informasi-informasi seputar persiapan pernikahan biasanya masih tersebar dan belum terorganisir dengan rapi, serta masih bersifat tradisional sehingga para calon pengantin harus mengunjungi beberapa tempat hanya untuk mendapatkan informasi tertentu. Dengan mengunjungi weddingku.com, customer mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan cukup dengan klik dan klik.

6. Positioning & Differentiation Strategies : Pricing Performance Exellence dan Transactional Exellence
Dengan menawarkan berbagai paket promo, customer mendapatkan harga yang terjangkau dan lebih murah dengan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat juga informasi ketersediaan paket promo, new update / product , dan advanced partner dengan memberikan label p, n, a pada setiap vendor partner.




Erika
0840000874
Binus Business School

0 comments:

Post a Comment